Monday, January 12, 2009

Motherboard Yang Bermasalah

Ternyata mandi malam-malam itu benar-benar bikin badan jadi seger, trus pikiran jadi lebih fresh soalnya daku abis mandi nih jadi yang terasa seperti itu hehehe. Mata yang tadinya mengantuk, setelah mandi, jadi ga terasa ngantuk lagi, nah loe. Wah payah nih kalo sampai nanti ga bisa tidur-tidur juga. Malam ini ga mau ronda lagi ah, sekali-kali jaga kesehatan hehehe.

Ternyata kalo personal computer itu bisa juga rewel yap. Ini terbukti dengan punya temenku yang mati alias ga bisa idup. Tadi sih udah daku cek apa aja kemungkinan yang bisa menyebabkan personal computer mati. Mulai dari cek Power Supply ditest pake kabel biasa terus di tancepin ke kabel powernya yang nyambung antara CPU dengan Power Supply, lepasin Processor terus dibersihin, ngecek kabel-kabelnya sampai ke RAM yang dicopot, eh masih juga ga bisa nyala. Akhirnya dengan wajah desperate, kami berdua pergi ke Jogjatronik secara tempat itu yang deket dengan rumah.

Terus di sana, CPU punya temen di cek dan dianalisa (halah kaya dokter ajah), dan ternyata oh ternyata memang Motherboard nya yang mati. Huwaaaaa gitu kata temenku, kok iso yo? Lha iso wae wong CPU mu itu kan udah lebih dari 5 tahun, jadi ngambek dan minta dibeliin yang baru bwakakaka (becanda lho friend). Akhirnya disaranin ganti motherboard ajah. Dan pilihan kali ini jatuh kepada Amptron chipset Intel harganya sekitar Rp 480.000 an, ditambah dengan mengganti Memory RAM menjadi DDR 2 yang harganya sekitar Rp 130.000 an, merk nya Apacer. Eh temenku malah sekalian nambahin Hard Disk WDC 160 GB, ya udah digantilah semuanya.

Wah, ini bisa numpang titip bermacam-macam barang nih di CPU temen. Terus acara dilanjutkan dengan Partisi Hard Disk dan Format Hard Disk. Nah disini dimulailah musibahnya. Ternyata mas dari tokonya itu salah bikin Partisi, seharusnya Hard Disk nya temenku eh malah Hard Disk nya dia yang di partisi, ya udah deh ilang semua datanya mas nya itu. Soalnya rencananya setelah di partisi, terus mau di Clone Hard Disk ajah biar cepet. Ya udah, gitu deh jadi ilang semua data-data master punya dia. Terus mas nya bilang, dah gpp kok, besok tinggal bikin master yang baru ajah lagi.

Hiks kata temenku, malam ini ga bisa online dunk. Mana dia lagi suka bermain casino secara online, terus terpaksa deh malam ini libur dulu demi menunggu CPU nya beres dan siap untuk digunakan lagi.

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP