Sunday, April 04, 2010

Tips Menangani Virus Antivirus Suite

Ternyata yang namanya Virus itu ada bermacam-macam dan menyerangnya juga melalui bermacam-macam cara. Ada yang melalui pertukaran Flashdisk ( kemarin-kemarin sempat heboh ), trus ada yang melalui file yang di download melalui internet, melalui email, attachment, dan lain sebagainya. Nah kali ini, daku mau memberitahukan cara membersihkan satu virus yang mungkin udah agak lama, tapi berhubung Blog Ipanks kena virus ini pada malam ini, jadi langsung ajah daku cari antivirusnya melalui mbah google. Apa nama virus ini?


Virus ini bernama Antivirus Suite, dan virus ini termasuk ke dalam jenis trojan yang akan mendownload installer Antivirus Suite, sehingga nantinya begitu proses download sudah selesai, maka virus ini akan langsung berjalan di PC atau laptop. Begitu berjalan, maka Antivirus Suite akan langsung melakukan proses scanning di PC atau laptop yang akan melaporkan banyaknya infeksi di PC atau laptop dan tidak bisa dibersihkan sebelum kita membeli software Antivirus Suite secara full. Ketika virus ini berjalan, maka dia akan mem-block semua program yang ingin kita jalankan. Peringatan yang akan kita temui mungkin seperti pop ups, notifications, atau peringatan palsu dan akan muncul tulisan seperti di bawah ini :










Windows Security alert
Windows reports that computer is infected. Antivirus software helps to protect your computer against viruses and other security threats. Click here for the scan you computer. Your system might be at risk now.

Windows Security Alert
Application cannot be executed. The file cmd.exe is infected. Do you want to active your antivirus software now?

Antivirus software alert
Infiltration Alert
Your computer is being attacked by an internet virus. It could be a password-stealing attack, a trojan - dropper or similar.
Details
Attack from: ip address, port 39096
Attacked Port: 30516
Threat: Win32/Nuqel.E

Nah, sekarang kita lakukan proses pembersihannya. Restart PC atau laptop ke mode Safe Mode dengan menekan F8 pada saat proses booting sedang berlangsung. Kemudian klik Start, pilih Run, ketik Regedit dan cari file di bawah ini, jika menemukan langsung di hapus saja :



HKEY_CURRENT_USER\Software\Antivirus Suite
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Antivirus Suite
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\… Suite

Kemudian, tekan Control + Alt + Del secara bersamaan, dan pilih Processes, trus liat di Image Name untuk file [random letters]tssd.exe, langsung tekan tombol End Process. Selain itu, untuk memastikan virus tidak aktif lagi ketika kita menyalakan PC atau laptop maka kita bisa melakukan cara seperti ini.

Klik Run, ketik “msconfig”, kemudian akan muncul System Configuration Utility. Klik Startup dan lihat di Start Item nama file yang berupa pdpabmitssd atau [random name]tssd.exe. Kita hilangkan tanda check di file itu, kita lihat di sebelah Startup Item yaitu “Command” dan kita cari foldernya untuk segera kita hapus, kemudian apply dan Ok, restart PC atau laptop Anda.

Mudah-mudahan bisa membantu membersihkan Antivirus Suite yang menyerang PC atau laptop Anda, karena ini yang Blog Ipanks lakukan pada saat terkena serangan ini.

Update Links : Madah cinta hari raya idul fitri, Madah Cinta Sebuah Tulisan.

0 comments:

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP