Saturday, June 09, 2012

Membuat Sebuah Kebiasaan Baru

Membuat sebuah kebiasaan baru memang terkadang sulit dan membutuhkan kesabaran serta ketelatenan, tapi memang itulah yang harus dilakukan jika kita ingin memulai sebuah awal yang baru atau ingin mengurangi kebiasaan lama seperti yang saat ini dirasakan oleh Blog Ipanks. Bahkan tak jarang banyak hal yang bisa mempengaruhi kita dalam membuat kebiasaan baru itu seperti contohnya rasa malas untuk memulai, menunda-nunda sesuatu yang ingin kita lakukan, terlalu banyak alasan dan lain sebagainya. Padahal itu semua hanya bentuk dari alasan yang kita ciptakan untuk menghindar dari sebuah pola yang ingin kita mulai.

Berikut ini adalah daftar menu makanan tips yang bisa dilakukan untuk mempertahankan sebuah kebiasaan:

1. Ingatkan pada diri kita apa yang ingin kita capai.

Apabila rasa malas, menunda-nunda melanda kita, maka kita bisa mencoba untuk mengingat kembali alasan mengapa kita ingin membuat sebuah kebiasaan yang baru. Cara yang paling mudah adalah jika kita menuliskan alasan mengapa kita ingin membuat suatu kebiasaan baru di kertas, buku, notepad, atau yang lainnya, maka kita bisa membuka dan melihat kemudian membacanya lagi sehingga kita bisa segera terbangun dan sadar bahwa apa yang kita rasakan saat ini hanyalah sebuah alasan untuk menghindar.

2. Tetap fokus pada apa yang ingin kita capai.

Ya, tetaplah untuk fokus pada apa yang ingin kita raih dengan membuat perubahan. Memang sulit tapi itu merupakan kendala yang harus kita hadapi untuk berubah, dan jika kita tetap fokus maka semuanya bisa teratasi. Dan dengan mempunyai niat yang kuat untuk terus melakukan apa yang kita inginkan, kita pasti bisa untuk tetap fokus.

3. Jangan mudah terpengaruh dengan keadaan.

Kita sering mengalami berbagai perasaan atau emosi yang naik turun, terkadang jika emosi stabil maka kita bisa enjoy dalam melakukan perubahan itu, tapi sering juga kita mengalami kondisi emosi yang naik atau bahkan turun yang akan menyebabkan kita malas untuk berbuat sesuatu yang seharusnya kita lakukan. Seperti contohnya saat kita merasa suntuk, kita tidak ingin melakukan apa-apa kecuali hanya berdiam diri dan ini tentunya akan menghambat tujuan yang kita inginkan.

4. Lupakan semua masalah sejenak dan segeralah mulai.

Untuk sejenak kita lupakan dulu semua perasaan jelek yang saat itu melanda kita, dan terus mengucapkan dalam hati kita bahwa ini adalah sesuatu yang tidak benar dan kita tidak ingin berada dalam situasi dan kondisi seperti itu. Kita hanya ingin meneruskan apa yang sudah kita mulai. Jadi tenangkan diri sejenak, ingatlah apa yang kemarin sudah kita lakukan, dan segeralah bertindak atau take action.

5. Take action.

Nah ini yang terakhir, segeralah mengambil satu langkah kecil untuk meneruskannya, jangan mau untuk terus dikuasai oleh bidadari yang cantik dari khayangan oleh perasaan yang tidak kunjung berakhir yang hanya akan membuat kita untuk terus menundanya. Bakarlah semangat di dalam diri kita sendiri bahwa kita tidak mau menundanya, kita ingin segera melakukannya.

Banyak orang mengatakan butuh waktu untuk bisa membuat suatu kebiasaan baru atau perubahan baru dalam diri kita, dan dibutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk membuat kebiasaan baru walah malah seperti iklan ajah. Perubahan dari dalam diri kita tidak akan terjadi begitu saja tanpa kita sendiri yang memulainya dan harus didasari oleh keinginan yang kuat. Dan hal ini bisa kita cermati dari apa yang dilakukan oleh Arsenault dalam tips menjaga kesuburan sperma ala Arsenault. Dia terus melakukan tips itu agar dia bisa menjadi seorang pendonor sperma dengan kualitas yang baik.

So, apa yang harus kita tunggu, ngga ada orang yang akan mengingatkan kita kecuali diri kita sendiri. Kita pasti bisa, kita harus bisa dan kita memang bisa. Tetap semangat walau dalam situasi dan kondisi apapun.

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP